Twitter Value

Cara Menghitung Kayu Balok per Meter Kubik

Cara Menghitung Kayu Balok per Meter Kubik.

Kali ini saya akan membagi info cara untuk menghitung kayu balok. Kayu balok adalah kayu olahan dari pembelahan kayu yang sudah di potong-potong dan siap pakai. Kayu ini disebut balok karena bentuknya yang menyerupai bentuk dari pelajaran matematika, yaitu balok.

Sebenarnya masyarakat masih banyak yang belum tahu cara mengetahui hitung-hitungannya meter kubik, ini disebabkan masyarakat sudah under estimate duluan.

menghitung kayu balok per meter kubik (m3) sendiri.


Kayu sebanyak 1m3
(baca: kayu satu meter kubik)

yaitu kayu yang banyaknya dihitung dari ukuran panjang, lebar, dan tebal kayu. 

Jadi tidak sama tiap kayu, berbeda-beda tergantung volumenya. Berapa sih banyaknya jumlah papan atau kayu dalam 1 (satu) meter kubik itu?

Berikut ini cara menghitung jumlahnya kayu atau papan dalam 1 meter kubik.


  1. Cara yang pertama dan paling mudah untuk mengetahui jumlah kayu atau papan per satu kubik adalah dengan mengalikan ukuran panjang, lebar, dan tebalnya. Lalu jumlah tersebut digunakan untuk membagi jumlah ukuran 1 meter kubik (1 meter kubik = 10.000). Jadi, jika misalnya kita mau beli kayu sejumlah 1 meter kubik dengan panjang 4 m (meter) x lebar 10 cm x tebal 10 cm, maka hasilnya adalah = 25 lembar kayu per meter kubiknya. Bagaimana kita bisa dapat 25 lembar kayu? Karena 10.000 : P x L x T (400) = 25, Masih bingung, perhatikan penjelasan berikut ini : 
  • Pertama kita jumlahkan dulu kayunya dengan P x L x T, diatas disebutkan panjang 4m x lebar 10cm x tebal 10cm = panjang 4 x lebar 10 = 40 dikalikan lagi tebal 10 = 400. 
  • Jadi 10.000 : 400 = 25. Jadi, jumlahnya adalah 25 lembar / batang kayu.


Bagaimana apa sudah paham?

Intinya kita ingat-ingat dulu 1m3 adalah 10.000, dan itu yang akan kita bagi pada ukuran kayu (PxLxT) atau dengan kata lain 10.000 : (PxLxT),